Malanginside

25 August 2008

Catatan Sahabat yang telah pergi

Sebagian orang percaya bahwa hidup kita ini adalah satu dari rangkaian catatan terdahulu yang terulang kembali. Believe it or Not ! beberapa kejadian yang kita alami, pernah dialami juga oleh orang-orang lain sebelum kita. Seperti apa yang aku alami saat ini… Aku percaya bahwa kejadian yang menimpa aku sekarang pernah terjadi dan dialami juga oleh wanita-wanita sebelum aku. Dan apakah aku mungkin “reinkarnasi” dari wanita sebelum aku?
Jawabannya hanya Tuhan yang tahu. Catatanku ini bukan buku harian…bukan pula sebuah kisah hidup…melainkan sebagai catatan di sela-sela kesibukan hari..sebagai catatan hati. Mudah-mudahan akan berarti…

Dari banyaknya tema kehidupan yang berkaitan dengan kehidupanku, aku tertarik untuk menulis sebuah tema tentang makhluk Tuhan yang dinamakan laki-laki atau Pria. Laki-laki adalah kaum Adam yang diciptakan untuk memimpin bumi ini, tapi apakah bisa seorang pria hidup tanpa seorang pendamping? Dan sejauh manakah seorang wanita masih mengharapkan seorang laki-laki untuk mendampinginya?
Ada secuplik penggalan dari pengalaman seorang wanita tentang laki-laki:
“ Menakutkan sekali memikirkannya, seperti dunia terbalik ketika laki-laki yang kau pikir telah kau kenal dengan baik dapat memperlakukanmu seperti itu. Kalian tinggal bersama selama lima tahun dan tiba-tiba kau terbanting ke bumi. Dalam sekejap mata ia sudah menjadi orang asing-atau bahkan lebih buruk dari pada orang asing, Karena ia mengenalmu dengan baik dan mengetahui cara-cara yang paling tidak tertahankan untuk menyiksamu….Itulah laki-laki untukmu.”
Wei Hui – Shanghai
Dari kisah di atas, aku berpikir sungguh mengerikan laki-laki itu di matanya. Laki-laki, makhluk egois yang terkadang bisa lembut dan terkadang bisa berubah menjadi makhluk yang mengerikan. Sungguh tersiksa wanita yang mengenal laki-laki seperti itu.
Aku memang tidak mengenal betul makhluk yang dinamakan laki-laki, tapi apakah tidak ada criteria laki-laki yang baik dan sejati yang diharapkan semua wanita…?
Kriteria tersebut harus ada dalam diri setiap wanita, karena semua itu agar kita dapat mengenal laki-laki mana yang memang pantas untuk mendampingi seorang wanita baik.
Setelah melakukan survey dan observasi, ada beberapa kesimpulan tentang laki-laki sejati :

1. Kegagahan seorang lelaki adalah terletak sejauh mana ia dapat menahan (menjaga) amarahnya.
2. Laki-laki sejati bukanlah dilihat dari bahunya yang kekar, tetapi dari kasih sayangnya pada orang disekitarnya.
3. Laki-laki sejati bukanlah dilihat dari suaranya yang lantang, tetapi dari kelembutannya mengatakan kebenaran.
4. Laki-laki sejati bukanlah dilihat dari jumlah sahabat di sekitarnya, tetapi dari sikap bersahabatnya pada sesama manusia.
5. Laki-laki sejati bukanlah dilihat dari bagaimana dia dihormati di tempat bekerja, tetapi bagaimana dia dihormati di dalam rumah..
6. Laki-laki sejati bukanlah dilihat dari kerasnya pukulan, tetapi dari sikap bijaknya memahami persoalan..
7. Laki-laki sejati bukanlah dilihat dari dadanya yang bidang, tetapi dari hati yang ada dibaliknya itu…
8. Laki-laki sejati bukanlah dilihat dari banyaknya wanita yang memuja, tetapi komitmennya terhadap wanita yang dicintainya..
9. Laki-laki sejati bukanlah dilihat dari jumlah barbel yang dibebankan, tetapi dari tabahnya dia menghadapi lika-liku kehidupan.
10. Laki-laki sejati bukanlah dilihat dari kerasnya ia membaca kitab suci, tetapi dari konsistennya dia menjalankan apa yang ia baca…

Semoga bermanfaat……
Written by: Dewi.S. Idayanti,S.E


posted by Dimas at 5:46 PM

<< Home